amaha RX-King….sijambret ternyata masih bergigi!!!!
Seiring
dengan tenggelamnya motor 2Tak (kecuali Ninja) karena digeser motor
4tak, kini RX-King sudah lumayan jarang kita temui khususnya dijalanan
Jakarta. Suara mesinnya yang khas serta yahudnya accelerasi dulunya
merajai blantika otomotif motorsport 2tak Jabodetabek. Tapi itu dulu
bro,…bagaimana dengan sekarang..???
Makin
bertambahnya usia, performa mesin RX-King makin menurun. Ditambah
keputusan internal YMKI yang menyatakan menghentikan produksi RX-king
sejak dua tahun lalu. Walau sudah ada komitmen dari pihak Yamaha akan
menyediakan suku cadangnya sampai 5 tahun kedepan tidak serta merta bisa
mendongkrak pamor si raja jambret. Kalau ditanya mungkin dari 50 orang
hanya 2 orang saja yang memilih motor ini sebagai tunggangannya, dalam
kondisi barang second tentunya. Apakah akan murah kita belinya??….
mungkin. Seperti hukum pasar, permintaan tinggi harga barang akan
melonjak sebaliknya permintaan rendah barang akan murah. Otomatis harga
RX-King akan murah dong yah, kan permintaan pasar rendah. Tapi jangan
salah bro. Hal ini ternyata tidak berlaku bagi biker yang hobby dengan
motor ini. Teman saya pemakai RX-King tahun 2005, tunggangannya ditawar
orang dengan harga cukup tinggi…7,5juta. Kaget yah bro?? begitupun teman
saya. Selidik punya selidik sibapak penyuka berat RX-King. Ketika
melihat motor teman yang serba orisinal membangkitkan minat sibapak
untuk memiliki. Buat hobby kadang orang memang tidak peduli dengan
harga. Kepuasan adalah segalanya.
Tentang
accelerasi, RX-King jangan diragukan. Berat kosong yang hanya 100kg,
torque 1,54 kgf.m/8000rpm plus tenaga 18,5ps membikin motor ini tiada
tanding diajang road race/drag race bercc kecil. Walau jarak jauh kalah
dengan kompetitor macam Ninja 150 atau motor 4 tak bercc besar lainnya,
akan lain ceritanya jika diadu tarikan jarak pendek. Suara khas
knalpotnya yang memekakkan telinga (Apalagi kalau filter karburator
dicopot) seperti magnet tersendiri bagi Yamaholic. Peminat motor ini
ternyata masih lumayan banyak lho. Coba bandingkan dengan nasib motor
2tak lain yang sudah setengah sekarat (Kecuali Ninja150). Uniknya yang
laris malah versi RX-King versi headlamp kotak dibanding RX-King versi
anyar/terakhir yang berlampu bulat. Tidak berlebihan dong ya kalau kita
sebut SiJambret ternyata masih bergigi……..(Iw/2/06/2010)
Yamaha RX-King Specification
MESIN
Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube
Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube
PERFORMA
Dimensi PxLxT : 1970 x 735 x 1065 mm
Sistem Starter : Kick
Daya Maksimum : 18,5 PS/9.000 RPM
Torsi Maksimum : 1.54 KGF.M/8.000 RPM
Dimensi PxLxT : 1970 x 735 x 1065 mm
Sistem Starter : Kick
Daya Maksimum : 18,5 PS/9.000 RPM
Torsi Maksimum : 1.54 KGF.M/8.000 RPM
SUSPENSI/BAN
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 2.75-18-4 PR
Ukuran Ban Belakang : 3.00-18-4 PR
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 2.75-18-4 PR
Ukuran Ban Belakang : 3.00-18-4 PR
CHASSIS
Berat Kosong : 100 kg
Tipe Rangka : Double Cradle
Kapasitas Tangki : 9,5 Liter
Jarak Sumbu Roda : 1245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm
Jarak Tempat Duduk : 770 mm
Berat Kosong : 100 kg
Tipe Rangka : Double Cradle
Kapasitas Tangki : 9,5 Liter
Jarak Sumbu Roda : 1245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm
Jarak Tempat Duduk : 770 mm
SISTEM PENGEREMAN
Rem Depan : Cakram Double Piston
Rem Belakang : Tromol
Rem Depan : Cakram Double Piston
Rem Belakang : Tromol
Tidak ada komentar:
Posting Komentar